Tangis Haru Warnai Pelepasan Jama’ah Calon Haji Ngroto

Sabtu pagi 08 Oktober 2011, jam di Musholla Miftahul Huda Ngroto , Gubug, Grobogan menunjukkan pukul 08.30 saat seluruh rombongan calon haji Ngroto mulai masuk Musholla untuk melaksanakan sholat safar, diluar nampak ribuan orang memadati halaman musholla dan makan Simbah Abdurrahman Ganjur ( Kompleks Makam & Ponpes Miftahul Huda ).

Setelah sekitar 10 menit berada didalam Musholla untuk melaksanakan sholat safar & rangkaian doa sebelum perjalanan, KH. Munir Abdulloh bersama 47 jama’ah haji Ngroto yang lain nampak keluar dan berkumpul di halaman Musholla.

Melalui pengeras suara, Ust. Hadi – seorang santri memulai rangkaian acara pelepasan jama’ah haji, kemudian dilanjutkan dengan sambutan atas nama jamaah yang diwakili oleh Bapak Baedlowi, A.Md yang juga menjabat sebagai kepala desa Ngroto.

Dalam sambutannya beliau atas nama jamaah meminta untuk diikhlaskan dan dimaafkan segala kesalahan yang pernah diperbuat dan mohon agar didoakan selamat dalam perjalanan berangkat sampai dengan kepulangan kembali dan sekembalinya di Ngroto bisa memperoleh predikat haji yang mabrur.

Setelah sambutan dari wakil jama’ah calon haji, rangkaian acara dilanjutkan dengan doa safar yang dipimpin oleh KH. Abdul Wahab yang merupakan kakan misan dari Nyai Faichatul Miskiyah ( Istri K.H Munir Abdulloh ) yang berasal dari Surabaya,.

Suasana haru terasa ketika banyak dari pengunjung yang mengikuti prosesi pelepasan jama’ah calon haji tampak meneteskan air mata. Keharuan semakin menjadi saat kumandang adzan yang mengiringi pelepasan mulai menggema diantara ribuan orang yang memadati kompleks Ponpes Miftahul Huda Ngroto.

Dengan diiringi takbir, tahlil, takhmid,dan sholawat yang berpadu dengan tabuhan rebana dari para santri Ponpes Miftahul Huda Ngroto, puluhan calon jama’ah haji dengan diiringi oleh ribuan hadirin mulai berjalan kaki meninggalkan kompleks Mushola menuju ke perempatan di pusat desa yang berjarak sekitar 500an meter untuk masuk kedalam Bus dan kendaraan yang sebelumnya telah disediakan oleh panitia. Menjelang tengah siang, iringan kendaraan yang berisi rombongan jamaah calon haji Ngroto meluncur ke Pendopo Kabupaten Grobogan dengan diikuti kendaraan pengantar yang tidak kurang dari 40 armada baik bus, sedan, truk dan mobil kecil lainnya.

( Oleh: Lutfi Al HakimHeri Setiawan dan dari berbagai sumber lain )
* Photo Istimewa: Neil’s Photo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s